Penyebab Keputihan Berlebihan



Penyebab Keputihan Berlebihan

Penyebab Keputihan Berlebihan. Keputihan merupakan hal yang wajar yang dialami oleh seorang wanita. Keputihan merupakan hal yang wajar dan normal terjadi pada setiap wanita. Keputihan yang normal memiliki ciri tidak berbau, warna putih susu, tidak menyebabkan gatal apalagi perih.Sebelumnya kami mengulas mengenai Cara Ampuh Mengatasi Keputihan.

Namun terkadang keputihan tidak bersifat normal dan kita menjadi ketakutan akan hal tersebut. Keputihan yang tidak normaditandai dengan cairan yang sangat banyak dengan bau yang tidak enak, cairan berwarna kuning atau kehijauan, menyebabkan gatal pada organ kewanitaan.

Memang dibutuhkan perawaan khusus untuk menjaga daerah kewanitaan agar tetakering dengan p seimbang. Untuk menjaga hal tersebut dibutuhkanpola hidup sehat untuk menjaga hormon, menjaga kebersihan daerah kewanitaa serta rajin memberihkan daerah kewanitaan.

Keputihan

Keputihan atau Fluor Albus atau Leukorea merupakan sekresi v4ginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.

Penyebab umum keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Istilah keputihan acap kali digunakan sebagai referensi umum untuk sekresi vaginal, baik yang normal maupun abnormal. Karena tidak ada istilah lain dalam bahasa Indonesia yang umum dipakai untuk sekresi vaginal. Hal ini menimbulkan kerancuan di masyarakat.

Penyebab Keputihan Berlebihan

Ada banyak sekali penyebab keputihan berlebihan, Namubila kita pandai dalam menysati keputihan makakita akan terbeba dari keputihan yang berlebihan dan berbahaya. Penyebab umum keputihan antara lain:

  • Hormon yang tidak seimbang
  • Gejala dari penyakit tertentu
  • Penggunaan pakaian dalam yang ketat
  • Penggunaan tisue berparfum untuk mengeringkan organ kewanitaan
  • Jarang mengganti pantyliner
  • Kebiasaan bertukar celana dalam serta handuk dengan orang lain
  • Terlalu sering berendam diair hangat
  • Kadar gula darah tinggi

Meskipun penyebab keputihan diatas angatlah banyak namun keputihan bisa diseimbangkan dengan rajin menjaga kebersihan diri serta lingkungan (sanitasi yang bersih) untuk menghindari kumanataupun bakteri penyebab keputihan.

Karena kebersihan daerah kewanitaan memang menjadi prioritas utama, karena jika kurang menjaga kebersihan pada daerah tersebut bisa mengakibatkan berbagai serangan penyekit yang disebabkan virus, bakteri, jamur.