Penerimaan CPNS 2018, Awal Tahun Sudah Buka

Penerimaan CPNS 2018, Awal Tahun Sudah Buka

Penerimaan CPNS 2018, Awal Tahun Sudah Buka. Penerimaan CPNS 2018 merupakan pemenuhan 50-60 persen formasi yang ditinggalkan PNS yang telah memasuki masa pensiun sebanyak 220 ribu PNS.

Rencananya sejak saat ini (akhir tahun 2017) pemerintah telah menyiapkan pembukaan rekrutmen CPNS 2018. Direncanakan sejak awal tahun 2018 peluang formasi yang dibutuhkan akan dibuka. Formasi gabungan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menjelaskan tentang rencana tersebut. Berikut kutipannya,

“[Penerimaan] sesuai kebutuhan. Kita memang tidak menerima yang sebesar jumlah PNS pensiun. Kami tetap mengacu pada pertumbuhan minus,” tutur Asman di kantornya (14/11/2017) seperti dilansir tirto.

Ada hal lain yang berkaitan dengan informasi penerimaan CPNS 2018 yaitu tentang anggaran belanja pegawai negeri.

“Selain [penerimaan untuk] kementerian dan lembaga, untuk syarat-syarat formasi pemerintah daerah pun sedang kita persiapkan sekarang. Syarat bagi daerah yang akan kita berikan formasi, salah satunya tidak boleh [anggaran] belanja pegawainya di atas 50 persen,” jelas Asman.

Pemerintah juga akan membuka lowongan bagi formasi yang belum terisi pada penerimaan PNS di tahun ini. Ini berarti pembukaan lowongan tidak hanya rekrutmen untuk formasi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,

“Ini lagi kita hitung kemampuan keuangan, kemudian usulan masing-masing kementerian dan pemerintah pusat juga pemerintah daerah. Nanti kita lihat prioritasnya, dan baru akan ketemu angkanya. Kami harap [jumlah penerimaannya] nggak lebih dari jumlah yang pensiun,” jelas Asman lagi.

Simak Juga:

Kerja sama dengan kepala daerah menjadikan kerja prioritas dalam menunjang penerimaan CPNS 2018.

“Kita meminta kepada daerah untuk mengisi formasi yang betul-betul dibutuhkan, seperti guru, tenaga medis, dan infrastruktur. Bidang apa saja yang jadi konsentrasinya? Itu yang kita prioritaskan,” lanjut Asman.

Dengan sejak dini masyarakat bisa mulai memonitor setiap informasi pemerintah dalam kaitannya penerimaan CPNS 2018.

Advertisements



Loading...