Kata-kata Mutiara Hari Santri Nasional Terbaru, Peringatan 22 Oktober Makna Besar Pesantren



Kata kata Mutiara Hari Santri Nasional Terbaru Peringatan 22 October Makna Besar Pesantren

Kata-kata Mutiara Hari Santri Nasional Terbaru, Peringatan 22 Oktober Makna Besar Pesantren. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pendidikan. Indonesia terkenal dengan negeri santri, negeri yang kaya akan pendidikan pesantren yang menjadi kawah candra dimuka generasi Islam untuk mengabdi pada nusa bangsa dan agama. Dari sinilah lahir ulama, para ahli, dan pemimpin di masa yang akan datang dari bangsa ini.

Peringatan hari santri nasional setiap 22 Oktobr memberikan pengingat sejarah akan jasa besar santri terhadap kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kata-kata mutiara hari santri nasional kali ini akan memberikan inspirasi kepada setiap pembaca dalam mengilhami generasi muda islam dan bangsa.

Hari Santri Nasional (HSN)

22 Oktober

Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Jihad

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri.

Kalimat bijak hari santri nasional selalu memberikan ruh kebaikan menuju cita-cita besar para santri untuk negeri Indonesia yang baldatun toyyibantun wa robbun ghofur. Santri adalah anak didik yang digembleng, ditempa, dibesarkan dengan nilai-nilai Qurani untuk menjadi manusia yang paripurna. Hamba yang taat kepada Allah SWT yang bertakwa dimanapun dan kapanpun dirinya berada.

Manusia yang selalu mentauhidkan Allah adalah semangat kebaikan seorang santri ketika mengenyam pendidikan pesantren. Kata-kata mutiara hari santri nasional lahir sebagai jawaban kekinian menghadapi era globalilasi dengan motivasi dosis tinggi. Santri diharapkan mampu menangkal nilai-nilai buruk arus kebebasan menuju rahmat Alloh sebagaimana kehidupan pondok pesantren dalam pengalaman Al Quran.

Kata-kata Mutiara Hari Santri Nasional Terbaru

Hari santri nasional yang jatuh setiap 22 Oktobr menjadi pelecut para santri untuk mandiri dan berkarya. Di bawah bimbingan sang Kiayi/Ustad/Nyai maka santripun menjelma menjadi generasi perekat bangsa dan tampil memimpin dalam semangat ketuhanan yang mana esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, musyawah mufakat, dan keadilan sosial.

Berikut ramuan tim redaksi kata-kata bijak indah untuk memperingati hari santri nasional (HSN).

Santri adalah kumpulan kader bangsa menjadi calon penerus masa depan.

Selamat hari santri nasional 22 Oktobr. Dengan HSN kita bisa menjawab permasalahan nasional maupun lokal.

Santri adalah sosok manusia yang berpedoman pada Alquran, sunnah nabi, dan persatuan ummat.

Hari santri nasional membuktikan bahwa generasi penerus bangsa telah siap mengisi pos-pos menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdikari.

Semangat hari santri adalah semangat resolusi jihad memerangi kemungkaran menuju nilai-nilai ketakwaan.

Hati santri adalah al quran, sikap santri adalah kebijaksanaan, dan pendapat santri adalah kemaslahatan.

Jangan mengaku santri bisa setiap 1 hari saja tanpa membaca Alquran, menyelami hadits, dan berbuat kebaikan.

Hari santri nasional untuk semua, untuk bangsa, dan untuk tumpah arah bangsa Indonesia.

Santri Nasional berwawasan global, memiliki kearifan, dan tegas dalam kebenaran.

Gingsul.com mengucapkan Hari Santri Nasional 22 Oktobr tahun ini. Semoga dengan semangat hari santri Indonesia bangkit menuju masa depan yang gemilang. Sobat gingsul silakan like dan sharenya untuk menyemarakkan hari santri nasional dengan kata-kata mutiara hari santri nasional di atas. Lihat Juga: Caption Unik dan Islami Hari Santri Nasional Terbaru.

kata kata hari santri, kata kata santri, kata kata hari santri nasional, kata kata untuk hari santri, caption santri