Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Ruam Popok

Cara Mudan dan Cepat Mengatasi Ruam Popok

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Ruam Popok. Bayi sobat tiba-tiba menangis ketika mengganti popok?coba periksa pantat bayi anda. Bisa jadi pantat bayi, selakangan, paha atau are kelamin buah hati anda ada bercak merah yang memiliki rasa perih ketika terkena air kencing atau biasa disebut ruam popok.

Ruam popok bisa datang kapan saja, tak memperdulikan seberapa bersih anda merawat area kelamin bayi, terlebih bagi sobat yang suka menggunakan popok sekali pakai. Ruam popok ditandai dengan adanya bintik merah pada kulit bagian pantat, paha, sekitar alat kelamin bahkan pada alat kelamin bayi sobat. Ruam popok tidak akan terasa perih bila bintik merah tersebut tidak berair.

Ruam popok paling sering menyerang bayi yang baru lahir. Mengingat kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif dan sangat rentan terhadap benda asing dari luar seperti tisue kering, tisue basah, bedak, cream dan masih banyak lagi. Sobat juga harus pandai memilih produk perawatan kulit untuk bayi sobat.

Penyebab ruam popok yang paling sering diantaranya terlalu lamanya kulit bayi bersentuhan dengan popok kotor, popok terlalu ketat, infeksi, iritasi produk, kelembaban kulit dan masih banyak lagi. Untuk mengantisipasi ruam popok memang dibutuhkan penanganan khusus ketika mengganti popok bayi yaitu dengan selalu menjaga kebersihan serta selalu membuat kulit bayi kering sebelum memakaikan popok.

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Ruam Popok

Ternyata tak hanya itu saja cara mengatasi ruam popok diantaranya:

  • Cuci tangan sebelum mengganti popok bayi, karena tangan kita merupakan sumber bakteri yang bisa menular kepada bayi sobat.
  • Segera mengganti popok ketika popok kotor baik itu BAB maupun BAK
  • Basuh dengan air bersih bagian yang terkena pipis atau BAB, sobat juga bisa menggunakan tisue basah, namun penggunaan tisue basah harus disesuaikan dengan jenis kulit bayi dan tidak mengandung alkohol
  • Mengeringkan bagian yang ruam setelah benar-benar kering bari dioles dengan salep yang mengandung zinx yang sesuai dengan jenis kulit dan usia bayi.
  • Setelah penggunaan krim, popok bisa dipakaikan kembali. Lebih baik menggunakan popok kain, karena tidak mengandung bahan kimia bila terpaksa menggunakan popok sekali pakai perhatikan popok dengan kulit bayi.

Jika ruam popok yang dialami sibuah hati setelah dilakukan perawatan minimal 3 hari, sebaiknya sobat segera membawa kedokter kulit spesialis anak. Penanganan yang cepat akan mempermudah penyembuhan ruam popok.

Demikian tadi cara mudah dan cepat mengatasi ruam popok pada bayi yang kami ulas untuk sobat gingsul semua. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk menangani bayi terutama bagi yang sedang terkena ruam popok.