Cara Memijat Bayi Baru Lahir Dengan Nyaman dan Benar

Cara Memijat Bayi Yang Benar, Aman, dan Nyaman Buat Anak

Cara Memijat Bayi Baru Lahir Dengan Nyaman dan Benar. Memijat bayi merupakan bentu ekspresi rasa cinta dan sayang orang tua kepada buah hatinya. Melalui pijatan orang tua bisa lebih dekat dengan bayi karena anak akan menjadi sangat nyaman, rileks serta mengatasi bayi rewel. Terkadang bayi merasa capek atau lelah karena posisi tubuh yang terus menerus, stimulasi otot untuk belajar ketahap perkembangan berikutnya serta karena digendong.

Melalui sentuhan yang lembut serta komunikasi antara orang tua dengan bayi, akan membuat otot bayi menjadi rileks serta menjauhkan bayi agar tidak rewel. Dahulu memijat bayi hanya dilakukan oleh terapis, didesa memijat bayi biasa dilakukan oleh dukun bayi. Hal tersebut sering membuat bayi malah menangis sejadi-jadinya dan trauma pada bayi.

Namun seiring perkembangan zaman serta untuk mendekatkan dan menumbuhkan rasa diantara orang tua dan bayi sebaiknya bayi dipijat oleh orang tuanya. Meski bayi ibu tampak begitu rapuh, jangan takut untuk mulai memijatnya secara rutin segera setelah ia lahir. Pijat bayi rutin membantu mempererat ikatan antara ibu dan bayi, dan mendorong perkembangan anak, serta membuatnya tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Cara Memijat Bayi Baru Lahir Dengan Nyaman dan Benar

Melalui pijat bayi, sobat gingsul.com dapat lebih mengetahui cara bayi Anda berkomunikasi, serta cara untuk mendukungnya pada beberapa bulan pertama usianya. Manfaat lain dari pijat bayi adalah ibu dan bayi akan mengetahui apa yang terbaik bagi Anda berdua. Penting untuk diingat bahwa memijat adalah sesuatu yang sobat lakukan bersama bayi sobat, bukan untuk bayi sobat.

Berikut cara memijat bayi dari diberbagai bagian tubuh dengan nyaman dan benar.

Melemaskan Tangan

Jika bayi Anda menunjukkan kesediaannya untuk dipijat, mulailah dengan melemaskan tangannya. Teknik melemaskan tangan ini digunakan sebelum memijat area tubuhnya. Teknik ini juga dapat digunakan saat bayi butuh istirahat selama dipijat. Ini merupakan cara yang baik agar bayi merasa aman dan menikmati sentuhan ibu.

Kaki

Periksa apakah baby oil di tangan Anda sudah cukup sebelum melakukan pijat bayi. Untuk bayi yang baru lahir, mulailah dari bagian kakinya karena biasanya bayi tidak akan menolak saat dipijat di area ini. Berikan usapan ke arah bawah untuk membuatnya lebih rileks.

Simak Juga:

Kaki – Milking

Pegang pergelangan kaki bayi dengan lembut menggunakan satu tangan. Letakkan tangan ibu yang satu lagi di atas paha bayi, lalu turunkan ke bawah, sambil mengusap sekeliling kaki hingga ke pergelangan kaki bayi, dengan gerakan seperti sedang memerah (milking). Ulangi gerakan ini pada masing-masing tangan bayi, dengan usapan yang mantap, namun lembut berirama.

Telapak Kaki

Umumnya, bayi suka saat dipijat kakinya. Perhatikan reaksi bayi ibu untuk mengetahui sensitivitasnya. Sedikit pijatan pada kaki dapat memberikan efek positif untuk seluruh tubuhnya.

Genggam dengan lembut dan usap masing-masing jari kaki menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Usap bagian atas telapak kaki mulai jari kaki hingga pergelangan kaki menggunakan ibu jari ibu. Ulangi selama beberapa kali.

Perut

Jika tali pusarnya sudah sembuh, pijatan lembut di perutnya dapat membantu pencernaan dan masalah pada perut.

Mulailah dengan menyentuh perut bayi dengan usapan yang lembut. Jika bayi merasa senang, berikan usapan lembut menggunakan satu tangan Anda, diikuti tangan yang lain.

Punggung

Kontak dari-kulit-ke-kulit dapat meningkatkan ikatan antara bayi, ibu, dan ayah.

Sambil memeluk bayi ibu dekat di dada, pijatlah punggungnya mulai dari leher sampai ke bawah.

Demikian tadi cara mudah memijat bayi yang baru lahir dengan benar dan nyaman untuk bayi. Sobat bisa mencoba memijat bayi sobat dengan sentuhan lembut. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Advertisements



Loading...