Cara Membuat Pot dari Botol Plastik Bekas yang Bisa Anda Coba

Cara Membuat Pot dari Botol Plastik Bekas yang Bisa Anda Coba

Akhir-akhir ini kegiatan menanam bunga dan membuat taman di rumah memang kembali menjadi hits dan banyak diminati. Tak bisa dipungkiri karena trend inilah yang membuat harga beberapa bibit tanaman dan juga pot melambung tinggi.

Bagi Anda yang memiliki hobi menanam bunga, atau memiliki space kecil di sekitar rumah yang ingin dijadikan taman kecil. Anda dapat memanfaatkan limbah botol plastik menjadi pot bunga Agar lebih hemat. Agar bisa melakukannya, Anda tentunya membutuhkan cara membuat pot dari botol bekas.

Botol minuman kemasan memang lebih praktis digunakan dan dibawa sehari-hari. Inilah yang membuat meningkatnya jumlah sampah botol plastik dalam beberapa dekade terakhir. Botol plastik merupakan salah satu limbah yang sangat sulit terurai. Karena bersifat sulit terurai Anda dapat menyulapnya menjadi pot bunga yang tidak kalah estetik yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kegiatan membuat pot dari botol plastk ini juga dapat Anda lakukan bersama keluarga untuk meningkatkan quality time dan juga dapat dilakukan bersama anak-anak untuk memanfaatkan waktu luang. Agar anak-anak tertarik untuk bermain diluar sekaligus meningkatkan kreativitas.

Pot dari botol bekas ini juga relatif kecil sehingga Anda dapat memanfaatkan ruang kecil di sudut rumah untuk taman, bahkan Anda tetap dapat menanam bunga dengan pot dari plastik bekas di balkon apartemen.

Membuat Pot dari Botol Bekas

Membuat Pot dari Botol Plastik Bekas

Ada beberapa jenis pot yang dapat dibuat dengan menggunakan botol bekas, antara lain:

1. Pot Bunga Simpel

Pot simpel ini sangat mudah dibuat, untuk perletakannya Anda dapat menggantung atau menempelnya pada tembok. Pot model ini juga cocok untuk menanam sayuran. Untuk pembuatannya Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

  • Botol plastik bekas
  • Gunting / cutter
  • Paku
  • Benang pancing

Berikut adalah cara pembuatannya:

  1. Cuci dan keringkan botol plastik bekas setelah itu potong bagian samping tengah menggunakan gunting / cutter
  2. Buat lubang di sekitar lubang dan juga sedikit lubang pada bagian bawah Agar air dapat keluar
  3. Sediakan lubang untuk gantungan atau lubang untuk paku
  4. Pot siap digunakan, isi dengan tanah secukupnya dan tanami dengan sayuran atau bunga yang diinginkan

2. Pot Bunga Imut

Untuk Anda hasil yang lebih estetik Anda dapat membuat pot bunga imut dari botol plastik. Akan menyenangkan jika dilakukan bersama anak Anda. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan:

  • Botol plastik bekas
  • Spidol biasa dan spidol permanen
  • Cutter
  • Gunting
  • Paku
  • Cat akrilik
  • Kuas

Berikut adalah cara pembuatannya:

  1. Buanglah label merek pada botol kemudian cuci dan keringkan
  2. Potong botol menjadi dua bagian, bagia bawah sedikit lebih panjang dari bagian Atas
  3. Gambarlah pola pada botol dengan menggunakan spidol non permanen, Anda dapat mebuat motif kepala beruang, kelinci bahkan unicorn.
  4. Potong pola menggunakan gunting atau cutter. buatlah bagian telinga beruang, kelinci atau unicorn tersebut lebih menonjol agar terlhat lebih imut kemudian hapus gambar pola.
  5. Buat beberapa lubang resapan air pada bagian bawah botol menggunakan paku.
  6. Warnai botol dengan cat akrilik. Untuk dasar warnai keseluruhan botol dengan warna putih sebelum warna yang diinginkan. Tunggu hingga kering
  7. Buat mata, hidung atau ornamen yang dinginkan dengan menggunakan spidol permanen agar lebih mudah. Tunggu beberapa hari sapai siap digunakan.

3. Pot Bunga Gantung

Setelah pembuatan pot bunga imut bagian atas botol masih dapat Anda manfaatkan untuk membuat pot gantung. Berikut aalah dan bahan yang dibutuhkan:

  • Bagian atas botol bekas
  • Paku
  • Cat spray (opsional)
  • Tali pancing

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuatnya.

  1. Pasang tutup botol Agar tanah tidak berjatuhan
  2. Buat beberapa lubang pada tutup dan bagian bawah botol untuk resapan air
  3. Bualah lubang pada bagian samping
  4. Warnai botol dengan menggunakan cat semprot, atau Anda bisa membiarkannya polos sesuai warna asli botol
  5. Pasang tali pada lubang samping untuk mengantung pot
  6. Isi dengan tanah dan bibit tanaman gantung favorit

Itulah beberapa ide membuat pot dari limbah botol plastik. Dengan cara ini, Anda sudah turut berpartisipasi dalam memanfaatkan limbah atau sampah botol plastik dan menjaga kelestarian ingkungan.

properti rumah terbaru