30 Daftar Tempat Wisata Baru Di Jogja, Bagus dan Instagramable



Daftar Destinasi Wisata Di Jogjakarta Yang Instagramable

Jogja, merupakan salah satu wilayah yang memiliki begitu banyak detinasi wisata yang instagramable. Baik itu wisata alam, wisata edukasi maupun wisata keluarga. Salah satu tujuan wisata yang banyak digandrungi dari jaman dulu yaitu pantai. Keindahan pantai jogja menjadi icon tersendiri buat daerah istimewa ini. Terdapat cerita legenda yang membuat pantai diselatan pulau jawa ini menjadi terkenal yaitu tentang Nyai Roro Kidul.

Sekilas Tentang Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (disingkat DIY, bahasa Jawa: ꦝꦲꦺꦫꦃ​ꦆꦱ꧀ꦠꦶꦩꦺꦮ​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ, translit. Dhaérah Istiméwa Ngayogyakarta, pengucapan bahasa Jawa: [ŋajogjɔˈkart̪ɔ]) adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kapanewon/kemantren, dan 438 kalurahan/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2

Pariwisata merupakan sektor utama bagi DIY. Banyaknya objek, dan daya tarik wisata di DIY telah menyerap kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Pada 2010 tercatat kunjungan wisatawan sebanyak 1.456.980 orang, dengan rincian 152.843 dari mancanegara, dan 1.304.137 orang dari nusantara. Bentuk wisata di DIY meliputi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), wisata budaya, wisata alam, wisata minat khusus, dan berbagai fasilitas wisata lainnya, seperti resort, hotel, dan restoran. Tercatat ada 37 hotel berbintang, dan 1.011 hotel melati di seluruh DIY pada 2010. Adapun penyelenggaraan MICE sebanyak 4.509 kali per tahun atau sekitar 12 kali per hari. Keanekaragaman upacara keagamaan, dan budaya dari berbagai agama serta didukung oleh kreativitas seni, dan keramahtamahan masyarakat, membuat DIY mampu menciptakan produk-produk budaya, dan pariwisata yang menjanjikan. Pada tahun 2010 tedapat 91 desa wisata dengan 51 di antaranya yang layak dikunjungi. Tiga desa wisata di kabupaten Sleman hancur terkena erupsi gunung Merapi sedang 14 lainnya rusak ringan. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta pada September 2014, angka kunjungan mencapai 2,4 juta wisatawan domestik dan 1,8 juta wisatawan manca negara.

Secara geografis, DIY juga diuntungkan oleh jarak antara lokasi objek wisata yang terjangkau, dan mudah ditempuh. Sektor pariwisata sangat signifikan menjadi motor kegiatan perekonomian DIY yang secara umum bertumpu pada tiga sektor sobatlan yaitu: jasa-jasa; perdagangan, hotel, dan restoran; serta pertanian. Dalam hal ini pariwisata memberi efek penggsobat (multiplier effect) yang nyata bagi sektor perdagangan disebabkan meningkatnya kunjungan wisatawan. Selain itu, penyerapan tenaga kerja, dan sumbangan terhadap perekonomian daerah sangat signifikan.

Meskipun jogja sering mendapatkan berbagai bencana alam dari gunung berapa dan gempa, namun pertumbuhan ekonomi kota jogja melaju dengan cepat. Terbukti dalam beberapa bulan saja kota gudeg ini mampu memulihkan infrastruktur yang hancur karena bencana alam.

Tak hanya wisata alam saja yang disajikan kota gudeg ini, wisata edukasi seperti taman pintar yang menyajikan berbagai pengetahuan umum bagi anak juga disajikan dengan apik. Monument jogja kembali, benteng peninggalan belanja yang berdiri kokoh ditengah pusat kota gudeg serta keratin yang berdiri megah dan masih beroperasi hingga sekarang.

Daftar Destinasi Wisata Di Jogja

Berikut beberapa destinasi wisata di Jogjakarta yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber. Tempat wisata yang kami sajikan merupakan tempat wisata yang terlaris dan digandrungi para pengunjung baik domestic maupun mancanegara.

  1. Jogja Bay
  2. Wisata Kalibiru
  3. Puncak Kosakora
  4. De Mata Trick Eye Museum
  5. Kebun Buah Mangunan
  6. Upside Down World Jogja
  7. Taman Breksi
  8. Kebun Buang Langka Sedayu
  9. CHINGU Korean Fun Café
  10. The Worlda Lanmarks
  11. Jogja Airport Resto
  12. Ice Cream World Jogja
  13. HeHa Sky View
  14. Sindu Kusuma EduPark
  15. Desa Kedung Miri
  16. Pantai Ngandong
  17. Pantai Nglambor
  18. Pantai Pok Tunggal
  19. Citra Grand Mutiara Waterpark
  20. Galaxy Waterpark
  21. Gunung Api Purba Nglanggenan
  22. Hutan Pinus Mangunan
  23. Goa Pindul
  24. Lava Tour Merapi
  25. Green Vilage Gedangsari
  26. Goa Jomblang
  27. Desa Wisata Ngglinggo
  28. Air Terjun Sri Gethuk
  29. Cave Tubing Kalisuci
  30. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Baca Juga:

Demikian tadi daftar wahana wisata dijogjakarta yang bisa memberikan sobat gambaran untuk menjadi tempat wisata sobat sekeluarga diakhir pekan.