Cara Membedakan Minyak Zaitun Asli Dengan Palsu

Cara Membedakan Minyak Zaitun Asli Dengan Palsu

Cara Membedakan Minyak Zaitun Asli Dengan Palsu. Banyak sekali manfaat minyak zaitu dengan kita mengkonsumsinya atau sebagai olesan. Minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, manfaat minyak zaitun untuk menghaluskan kulit, manfaat minyak zaitun untuk rambut dan masih banyak lagi. Sebenarnya apa sih ayng dinamakan dengan minyak zaitun?

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah dari pohon zaitun yang berasal dari Basin Mediterania.Banyak sekali manfaat minyak zaitun yang kita dapatkan dalam kehiupan, seperti : digunakan untuk memasak,untuk bahan kosmetik,obat herbal,sabun dan bahkan untuk bahan bakar lampu minyak.

Minyak zaitun dapat di komsumsi secara langsung dengan cara meminumnya / menambahkannya dengan salad.Menurut penelitian,Minyak zaitun mengandung Asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan. Lemak tak jenuh tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh serta lemak tersebut tidak menimbulkan kolesterol dalam tubuh.

Cara Membedakan Minyak Zaitun Asli Dengan Palsu

Saking populernya minyak zaitun dikalangan masyarakat,banyak merk minyak zaitun palsu yang beredar dimasyarakat.Namun sebagai pembeli anda harus tahu cara mengetahui apakah merk minyak zaitun tersebut asli atau tidak.Inilah hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli dan menggunakannya. Lantas bagaimana cara mudah membedakan minyak zaitun yang asli dengan yang palsu?.

Tips Membedakan Minyak Zaitun Asali Dengan Minyak Zaitun Palsu

Membedakan jenis Minyak zaitun

Minyak Zaitun Extra Virgin adalah istilah pasar yang mengacu pada minyak zaitun berkualitas tinggi.Hal ini dikarenakan Extra Virgin merupakan perasan pertama dari buah zaitun,sehingga belum banyak proses produksi yang terjadi di Jenis minyak ini.Dapat disimpulkan bahwa minyak zaitun inilah Jenis minyak zaitun terbaik dan paling berkhasiat.

Sedangkan Perasan kedua disebut Virgin (Kandungan asamnya sekitar 2%).Bila minyak zaitun hasil pres ke tiga kalinya disebut dengan Refined olive oil,light/ extra light.Sedangkan proses pengolahannya lebuh panjang lagi disebut olive oil / pure olive oil

Warna Minyak Zaitun

Minyak zaitun dengan kualitas yang bagus biasanya berwarna keemasan hingga kuning tua hampir kehijauan. HalĀ  Ini tergantung pada jenis buah zaitun yang diekstrak atau disaring. Pilihan paling baik memilih merk atau membeli minyak zaitun, yaitu: pilih minyak zaitun berwarna hijau gelap dengan tempat botol kaca berwarna gelap dan/ kaleng. Kemasan botol berwarna gelap berguna mencegah minyak dari reaksi foto-oksidasi yang dapat merusak kualitas. Hindari membeli minyak zaitun yang disimpan dalam botol plastik. Botol ini mudah ditembus cahaya, udara, dan suhu panas, sehingga merusak rasa dan susunan molekul minyak zaitun.

Rasa Minyak Zaitun

Salah satu Perbedaan minyak zaitun asli dengan yang pals adalah dari sisi rasa. Minyak zaitun berkualitas rendah biasanya bahkan tidak melewati tes standar minyak zaitun. Biasanya, minyak zaitun berkualitas rendah adalah mencampur minyak zaitun baru dangan yang lama, atau bahkan menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan bau, rasa, dan pigmen dari minyak. Meski tak berbahaya, namun ini justru mengurangi rasa khas minyak zaitun. Kandungan nutrisi pada minyak zaitun berkualitas buruk cenderung lebih sedikit, bahkan nyaris tidak ada sehingga gunakan untuk pijat saja. Perlu diketahui bahwa jangka waktu menggunakan minyak zaitun yang baik adalah 18 bulan setelah diperas atau diekstrak.

Label Kemasan Minyak Zaitun

Label pada merk minyak zaitun palsu dan atau kualitas rendah terkadang tak menulis kebenaran. Coba perhatikan dari mana negara pembuat minyak tersebut berasal. The world best of olive oil seringkali berasal dari Spain, Italy, Chile, Portugal, Greece, dan Slovenia. Lainnya berasal dari Siria, Palestina, Israel, Turki, Mesir, California, Australia, dan Amerika Selatan. Selain itu, cek masa berlaku, dan tingkat keasamannya jika perlu, (tingkat keasaman extra virgin kurang dari 0,8 persen).

Harga Minyak Zaitun

Jangan tergiur dengan harga minyak zaitun yang murah karena harga yang murak tak menjamin kualitas minyak zaitun itu sendiri.Pastikan bahwa merk tersebut telah terdaftar dalam BPOM dan memiliki izin edar dan tentunya mendapatkan label Halah dari MUI.Cek juga tanggal panen dan tanggal kadaluwarsa dari minyak zaitun tersebut.Untuk lebih aman Anda dapat membelinya di swalayan, seperti Hypermart, Lotte Mart, Ranch Market, French Farm, Sogo Food Hall, dll. di kota Anda. Produk impor dari merk minyak zaitun yang bagus, antara lain: Bertolli berisi minyak zaitun Italia, Borges dari perkebunan zaitun Spanyol. Merek minyak zaitun yang asli lainnya: Olitalia, Oleaurum coupage, Olivoila, Filipo Berio, Minerva Kalamata, Sasso Extra Virgin Olive Oil, dll. The world best of brand of olive oil, yaitu Venta del Baron, Rincon de la Subbetica-Alamoda, Oro Bailen Reserva Familiar-Picual, semuanya produksi Andalusia, Spanyol.

Meskipun minyak zaitun sangat bermanfaat untuk tubuh, sebaiknya anda juga harus jeli dalam membeli minyak zaitun. Karena banyak sekali minyak zaitun palsu yang justru tidak memiliki manfaat untuk tubuh. Untuk itu anda juga mesti tahu cara membedakan minyak zaitun asli dengan palsu.



cara membedakan minyak zaitun asli dan palsu, minyak zaitun asli, minyak zaitun yg asli, minyakzaitun asli