SUN Energy Review: Mengenal Teknologi Tak Ramah Lingkungan Yang Harusnya Mulai Ditinggalkan

SUN Energy Review Mengenal Teknologi Tak Ramah Lingkungan Yang Harusnya Mulai Ditinggalkan

Masalah lingkungan yang semakin hari semakin terlihat bukanlah wacana semata. Sudah ada banyak bukti akan kerusakan lingkungan yang memberikan dampak negatif bagi kehidupan di bumi. Apalagi saat ini manusia terbiasa dengan teknologi yang tak ramah lingkungan seperti menggunakan energi dari fosil yang kian lama keberadaannya semakin habis saja, berbeda dengan solar panel yang tak akan pernah habis. Lalu, sebenarnya, apa itu teknologi tak ramah lingkungan? Simak ulasannya berikut.

Mengenal Apa Itu Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Di kehidupan sehari hari tentu anda akrab dengan polusi udara dari asap knalpot kendaraan? Itulah salah satu contoh nyata dari teknologi yang tidak ramah terhadap lingkungan. Sehingga bisa diartikan jika teknologi ini adalah teknologi yang hasil buangannya memiliki potensi untuk merusak lingkungan.

Teknologi satu ini sendiri walaupun memberikan dampak negatif tetap saja banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan masih banyak yang menganggap jika teknologi ramah lingkungan membutuhkan biaya yang besar. dalam penerapannya, teknologi ini tidak memperhatikan prinsip prinsip untuk melindungi lingkungan.

Dalam prinsip teknologi tak ramah lingkungan, teknologi menghasilkan limbah yang bisa merusak lingkungan. Selain itu sumber energi yang digunakan merupakan energi yang tidak bisa diperbarui kembali. Penerapan teknologi ini juga tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Tentu saja jika dalam jangka panjang akan memberikan dampak yang membahayakan semuanya.

Produk Teknologi yang Tidak Ramah Lingkungan

Teknologi memang hadir untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas. Namun jika produk ini digunakan dalam jangka panjang tentu saja ada dampak yang harus dipertimbangkan. Ada banyak produk dari teknologi tidak ramah ada banyak dan bisa kita temukan dalam keseharian kita.

Produk pertama adalah kendaraan, kehadiran kendaraan memang sangat membantu untuk mobilitas sehari sehari. Tapi siapa yang menyangka jika kendaraan yang digunakan setiap hari ternyata menyumbang polusi udara sebanyak 15 sampai 18 persen. Belum lagi, kendaraan juga membutuhkan energi untuk menggerakkannya.

Dimana proses pengolahan minyak bumi maupun batu bara juga menjadi teknologi tak ramah lingkungan yang memberikan dampak. Produk lainnya yang pastinya ada di rumah setiap masyarakat adalah Lampu LED. Lampu ini telah berhasil menggeser jenis sebelumnya, karena dinilai lebih hemat energi. Tetapi akan sama saja jika tidak bijak dalam menggunakannya.

Produk selanjutnya yang juga tak pernah dilepaskan adalah teknologi komputer. Apalagi setiap tahun teknologi ini mengalami berbagai inovasi teknologi. Beberapa produk lainnya memang tidak menampakkan dampak terhadap lingkungan saat ini. Hanya saja jika digunakan dalam jangka panjang tentu saja akan semakin terasa dampaknya.

Contoh Teknologi yang Tak Ramah Lingkungan

Anda mungkin akan semakin memahami tentang teknologi ini jika mengetahui contoh contohnya, bukan hanya produknya saja. Teknologi pengolahan minyak bumi merupakan contoh nyata teknologi yang tak ramah lingkungan. Minyak mentah didapatkan dari sumber yang tak dapat diperbarui, mengingat minyak ini akan keluar dari dalam bumi.

Minyak bumi terbentuk ratusan juta yang lalu akibat makhluk hidup yang telah mati. Saat ini telah terjadi eksploitasi besar besaran pada minyak bumi. Tak hanya merusak lingkungan, contoh teknologi tak ramah lingkungan satu ini juga menghasilkan polusi udara dalam pengolahannya. Minyak bumi juga menghasilkan emisi gas rumah kaca yang sangat tinggi.

Tidak ketinggal dalam teknologi pengolahan batu bara yang juga  sebagai teknologi yang tidak ramah pada lingkungan. Kehadirannya memang memberi manfaat bagi manusia, dan tetap ada yang dirugikan. Batubara sendiri adalah bahan bakar fosil juga tidak akan bisa diperbarui. Pertambangan batu bara terjadi di berbagai daerah untuk dikeruk habis.

Batu bara berperan penting untuk menghasilkan listrik yang digunakan. Dalam proses pembakarannya menyumbang emisi CO2 dan juga SO2, yang menyebabkan berbagai penyakit juga hujan asam. Pembangkit listrik dengan batubara juga menghasilkan radioaktif yang lebih tinggi. Limbah dari pengolahan teknologi ini juga bersifat racun.

Dampak Dari Teknologi Yang Tidak Ramah Lingkungan

Sebenarnya beberapa dampak dari teknologi ini sudah beberapa dibahas dalam pembahasan sebelumnya. Dampak dari teknologi ini memang beragam, ada yang secara langsung ada pula yang tidak langsung. Dampak yang paling utama pada lingkungan adalah terkurasnya sumber daya. Karena teknologi ini biasanya akan digunakan dalam jangka waktu panjang dan massal.

Selain itu, dampaknya juga pada udara yang tak lagi bersih. Terjadi juga gangguan iklim terutama di kawasan industri. Pencemaran lingkungan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia, merusak habitat hewan, hingga membuat kehilangan sumber lainnya seperti air bersih.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mengganti teknologi tak ramah lingkungan adalah menggantinya pada teknologi yang ramah lingkungan. Walaupun tidak bisa secara langsung, namun semuanya masih belum terlambat dibenahi. Teknologi yang ramah lingkungan cenderung menggunakan energi yang bisa diperbarui dan limbahnya bisa diolah kembali.

Ada banyak kerugian yang perlahan namun pasti ditimbulkan oleh teknologi yang tidak ramah pada lingkungan ini. Maka sudah saatnya untuk mempertimbangkan teknologi yang ramah lingkungan. Anda bisa menjadikan solar panel dari SUN Energy sebagai langkah beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Tags: