Kata-kata Mutiara Sumpah Pemuda Terbaru, Kalimat Bijak Ucapan Peringatan Menyambut 28 Oktober Tahun Ini

kata-kata mutiara sumpah pemuda

Kata-kata Mutiara Sumpah Pemuda Terbaru, Kalimat Bijak Ucapan Peringatan Menyambut 28 Oktober Tahun IniTonggak sejarah para pemuda Indonesia yang mengikrarkan sumpah setiap kepada bangsa. Pemuda yang selalu haus akan kebenaran, perjuangan, dan cinta tanah air terkodifikasi dengan apik berucap sumpah setia satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Kongres pemuda yang melahirkan sebuah narasi kuat menyatukan bangsa. Kata-kata mutiara sumpah pemuda terbaru sajian Gingsul.com adalah kalimat penggugah untuk selalu terbangun dan mengisi cita-cita kemerdekaan.

Mengutip laman wikipedia, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktobr 1928 di Batavia (Jakarta).

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Kata-kata Mutiara Sumpah Pemuda Terbaru

Kata kata Mutiara Sumpah Pemuda Terbaru, Kalimat Bijak Ucapan Peringatan Menyambut 28 Oktober Tahun Ini


Sebelum menyimak kata-kata bijak sumpah pemuda 28 Oktobr tahun ini ijinkan kita sejenak mengenang sumpah suci para pemuda bangsa indonesia kala itu:

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Berikut kata-kata mutiara sumpah pemuda terbaru buat Sobat semua:

Darah ku darah ibu pertiwi tumpah darah tanah kelahiran, niat suciku untuk bangsa ini yang menyatu nusa, bangsa, dan bahasa

Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu melahirkan pemuda pemudi hebat yang cinta akan negerinya.

Pemuda penerus cita-cita kemerdekaan tidak akan menjual harga dirinya kepada asing.

Sumpah pemuda 1928 silam mengingatkan kepada kita sumpah setia menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa pemersatu Indonesia bukti otentik sejarah yang mampu menyontak jiwa kerdil menjadi pejuang kemerdekaan.

Bangsa yang satu bangsa Indonesia tak akan pernah terjajah kembali dalam bentuk apapun baik ekonomi, politik, budaya, bahasa, bahkan ideologi.

Bahasa persatuan Indonesia adalah bahasa yang menyatukan seluruh rakyat indonesia baik muda, dewasa, anak-anak, bahkan generasi yang belum lahirpun.

Kata-kata indah peringatan Sumpah Pemudah dari berbagai tokoh bangsa:

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” (Soekarno)

“Kalau kamu ingin menjadi pribadi yang maju, kamu harus pandai mengenal apa yang terjadi, pandai melihat, pandai mendengar, dan pandai menganalisis.” (Soeharto)

Sumpahku
Terlentang! Jatuh! Perih! Kesal!
Ibu Pertiwi
Engkau pegangan
Dalam perjalanan
Janji Pusaka dan Sakti
Tanah Tumpah darahku makmur dan suci
…..
Hancur badan!
Tetap berjalan!
Jiwa besar dan suci
Membawa aku PADAMU! (Habibi)


“Marilah kita bangun bangsa dan kita hindarkan pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah. Inilah esensi tugas kesehjahteraan kita, yang tidak boleh kita lupakan sama sekali”. (Gus Dur)

Sekali merdeka tetap merdeka. Kita harus mempertahankan negeri tercinta kita Indonesia ini, dengan menjadikan generasi muda menjadi generasi emas dan generasi masa depan untuk bangsa dan negara. (Megawati)

“Hanya dengan berpikir besar dan berkarya besar, sungguh Indonesia suatu saat menjadi bangsa yang unggul dalam peradaban dunia.” (SBY)

“Siapa yang mampu memajukan dirinya, maka dia akan mampu memajukan keluarga dan lingkungannya. Siapa yang mampu memajukan lingkungannya, maka dia akan mampu memajukan kotanya, dan siapa yang mampu memajukan kotanya, maka dia akan mampu memajukan propinsinya, negara dan dunia sekalipun.” (Jokowi)

Dengan membaca untaian kalimat bijak peringatan SUMPAH PEMUDA di atas diharapkan semangat nasionalisme kita tumbuh kembali. Membangun Indonesia yang berketuhanan yang maha esa, berperikemanusiaan yang adik dan beradab, menjunjung tinggi persatuan Indonesia, musyawarah mufakat, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Simak Juga: Kata-kata Mutiara Hari Minggu Terbaru, Untaian Bijak dan Motivasi Saat Liburan

Kata-kata mutiara sumpah pemuda menggambarkan begitu kuatnya akar sejarah bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menuju cita-cita bangsa. Selamat hari Sumpah Pemuda 28 Oktobr tahun ini semoga kita menjadi pemuda pemudi generasi kebanggaan bangsa Indonesia.


kata kata sumpah pemuda, Caption sumpah pemuda, kata bijak sumpah pemuda, kata mutiara sumpah pemuda, caption tentang sumpah pemuda, caption hari sumpah pemuda, kata kata bijak sumpah pemuda, kata kata mutiara tentang sumpah pemuda, kata bijak tentang sumpah pemuda, kata kata mutiara sumpah pemuda, kata kata memperingati hari sumpah pemuda, contoh kata kata mutiara untuk hari sumpah pemuda, kata kata mutiara sumpah pemudah, kata bijak selamat hari sumpah pemuda, kata kata tentang sumpah pemuda, kata kata pemuda, kata kata hari sumpah pemuda, Kata bijak untuk sumpah pemuda, kata keren temq sumpah pemuda, caption lupakan perselisihan antar bangsa, kata kata sumpah