Resep Ayam Bakar Kecap Menu Sahur Spesial Ramadhan 2018 1439 H

resep ayam bakar kecap menu sahur puasa tahun ini

Resep Ayam Bakar Kecap Menu Sahur Spesial Ramadhan 2018 1439 H. Informasi yang update untuk sobat di bulan ramadhan selain menu spesial untuk takjil dan berbuka puasa. Kami dari gingsul.com memberikan resep untuk sahur spesial ayam bakar kecap yang enak. Cara membuat ayam bakar kecap untuk sahur akan dapat menemani kalian sembari menjalankan Ibadah Puasa Tahun ini. Resep dan cara membuat ayam bakar kecap spesial menu sahur yang enak.

Ayam bakar kecap merupakan kuliner yang praktis dengan bahan baku ayam yang cara memasaknya di bakar. Resep kuliner tersebut sob, di oles kecap sebagai bahan tambahan agar lebih enak dan manis. Dalam membuat ayam bakar memang tergolong gampang-gampang susah. Gampang buat yang sudah tahu bumbu ayam bakar yang enak dan susah buat orang yang sama sekali belum pernah mencobanya. Tidak seperti membuat ikan bakar yang biasanya tidak perlu diolah terlebih dahulu dan tinggal melapisi ikan saat proses pembakaran.

Cara membuat ayam bakar bumbu kecap sedikit butuh proses pengolahan di daging ayam yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil resep ayam bakar kecap spesial yang benar benar enak untuk menu sahur, lezat dan empuk sampai ke dalam dagingnya, sobat harus merebus dahulu daging ayamnya dengan bumbu ayam bakar atau bisa dikenal dengan mengungkep sehingga ayam empuk. Tentu saja bumbu dan cara membuatnya sedikit beda dengan bumbu untuk mengungkep ayam goreng dan ayam panggang. RESEP AYAM BAKAR KECAP.

Resep Ayam Bakar Kecap Menu Sahur Puasa Tahun Ini

Seperti apa resep ayam bakar kecap yang akan kami sajikan kepada sobat pecinta kuliner dengan moment puasa Tahun ini dapat di lihat di bawah ini.

Resep Ayam Bakar Kecap

Bahannya

  • Satu ekor ayam ukuran sedang besar (ayam kampung, ayam sayur, ayam petelur – potong ayam menjadi 4-6 bagian atau sesuai selera)
  • Bawang merah lokal 5-6 siung
  • Buah cabai merah keriting 8 pcs
  • Bawang putih 4 pcs
  • Buah cabai rawit kurang lebih sebanyak 8-10 pcs atau sesuai selera
  • Lengkuas 1 ruas jari orang dewasa
  • Kunyit 1 ruas jari orang dewasa
  • Ketumbar butiran setengah sendok kecil
  • Jahe 1 ruas jari orang dewasa
  • Daun salam 3-4 lembar
  • Air asam jawa 2 sdm
  • Kecap manis kental 6 sdm
  • Air bersih untuk merebus/mengungkep (kurang lebih 300-400 ml)
  • Air jeruk nipis 1 sdt
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir putih secukupnya

Cara membuatnya

  1. Cuci bersih ayam yang telah dipotong lalu tiriskan
  2. Lumuri ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, garam dan gula pasir yang sudah dipersiapkan
  4. Lumuri kembali ayam dengan bumbu bumbu diatas yang sudah dihaluskan
  5. Lapisi semua bagian sampai benar benar rata
  6. Diamkan sebentar supaya bumbu meresap ke dalam daging (selama 30-40 menit)
  7. Siapkan satu panci untuk mengungkep ayamnya (masukkan ayam diatas beserta semua bumbu halusnya dan beri air bersih secukupnya)
  8. Rebus atau ungkep ayam dan masukkan daun salam, air asam dan kecap manis kental yang sudah dipersiapkan
  9. Sesekali diaduk aduk supaya semua bumbu tercampur rata dan meresap ke dalam daging ayamnya
  10. Ungkep ayam dengan api sedang sampai daging empuk dan air rebusan menyusut (air mengental menjadi seperti kuah kental)
  11. Setelah empuk, angkat daging ayamnya dan tiriskan sebentar sebelum dibakar
  12. Sisa bumbu jangan dibuang karena akan dipakai untuk mengolesi daging saat proses pembakaran
  13. Bakar ayam sampai permukaannya kering dan tercium bau harum
  14. Jangan lupa bolak balik daging ayamnya dan sesekali di lumuri lagi dengan bumbu ungkepan supaya benar benar meresap dan hasilnya lebih enak

Simak Juga: Resep Berbuka Puasa Cap Cay Kuah Yang Enak

Demikianlah menu sahur untuk sobat yang enak yaitu ayam bakar kecap yang maknyus. Jadikan resep diatas menjadi menu andalan sahur di bulan suci Ramadhan Tahun ini. Selamat menjalankan Ibadah Puasa dan semoga apa yang kami hadirkan bermanfaat.

Advertisements



Loading...